Selasa, 09 April 2013

Membuat Meja Sederhana dengan 3DsMax

Teknik yang digunakan untuk pembuatan meja ini yaitu kita akan menggunakan teknik Editable Poly.
Ok untuk lebih lengkapnya langsung saja ke TKP.

1. Anda buka program aplikasi 3D Max

2. Anda klik Box di Object Type

3. Anda gambarkan sembarang ukuran boxnya di Viewport TOP

4. Ok langkah selanjutnya kita atur ukuran boxnya, caranya anda klik Gambar/ objek Boxnya, setelah itu anda klik Modify (logonya seperti gambar pipa melengkung )
Setelah itu anda klik jendela Modifynya, maka langkah selanjutnya anda atur ukurannya di jendela Parameter. Anda berikan nilai Width : 2500 mm, Length : 1200 mm, Height : 30 mm, Length Segs : 3 , Width Segs : 3, Height segs 1.

5. Jika sudah selesai Mengatur ukurannya, maka langkah selanjutnya anda klik boxnya, setelah itu anda klik kanan, kemudian anda pilih Convert to, kemudian anda pilih lagi Convert to Editable Poly

6. Jika sudah anda convert, maka langkah selanjutnya anda aktifkan (klik) window crosing yang berada di barisan toolbar.
7. Anda klik gambar boxnya, setelah itu anda klik modify, kemudian anda klik tanda tambah (+) di Editable Poly, kemudian anda pilih teks yang bertulisan EDGE.

8. Setelah itu anda klik Select and Move
9. Anda blok garis tegak yang berada di sebelah kanan. Nah jika selesai memblok, maka garisnya akan menjadi warna merah.
10. Jika sudah anda blok, maka langkah selanjutnya anda tekan di Keyboard F12, nah nanti akan muncul jendela Move Transform Type-In, pada bagian Offset Screen, sumbu X nya anda berikan nilai sebesar 700 mm
11. Jika sudah selesai, maka anda blok garis tegak yang sebelah kiri, Nah jika selesai memblok, maka garisnya akan menjadi warna merah.
12. Jika sudah anda blok, maka langkah selanjutnya anda tekan di Keyboard F12, nah nanti akan muncul jendela Move Transform Type-In, pada bagian Offset Screen, sumbu X nya anda berikan nilai sebesar -700 mm
13. Anda blok garis horizontal bagian atas, Nah jika selesai memblok, maka garisnya akan menjadi warna merah.
14. Jika sudah anda blok, maka langkah selanjutnya anda tekan di Keyboard F12, nah nanti akan muncul jendela Move Transform Type-In, pada bagian Offset Screen, sumbu Y nya anda berikan nilai sebesar 270 mm
15. Anda blok garis horizontal bagian bawah, Nah jika selesai memblok, maka garisnya akan menjadi warna merah.
16. Jika sudah anda blok, maka langkah selanjutnya anda tekan di Keyboard F12, nah nanti akan muncul jendela Move Transform Type-In, pada bagian Offset Screen, sumbu Y nya anda berikan nilai sebesar -270 mm
17. Nah jika sudah selesai pengaturan segmentnya, maka hasilnya seperti berikut :
18. Langkah selanjutnya, anda klik objek boxnya, kemudian klik modify, setelah itu anda klik lagi tulisan Editable Poly, kemudian anda pilih teks yang bertulisan Polygon.
19. Setelah anda klik kotak kecil yang kita edit tadi, jika ingin mengklik objek lebih dari satu, maka anda tekan tombol CTRL di keyboard. Nah nanti hasilnya sebagai berikut. Jika sudah di klik maka objeknya akan berwarna merah.
20. Langkah selanjutnya, objek boxnya masih dalam seleksi polygon. Langkah selanjutnya anda klik kotak kecil disamping tulisan inset (memasukan objek agak kedalam).
Nah jika sudah anda klik, maka nanti akan keluar jendela inset polygon. Nah inset amountnya anda berikan 15 mm, kemudian INSET typenya anda berikan yang By poligon. Setelah itu anda klik tombol OK
21. Langkah selanjutnya, objek boxnya masih dalam seleksi polygon. Langkah selanjutnya anda klik kotak kecil disamping tulisan BEVEL (membuat kelengkungan objek).
Nah jika sudah anda klik, maka nanti akan keluar jendela bevel polygon. Nah Height anda berikan 60 mm, kemudian outline amount : -15. Bevel typenya anda berikan yang By poligon. Setelah itu anda klik tombol Ok
22. Langkah selanjutnya, objek boxnya masih dalam seleksi polygon. Langkah selanjutnya anda klik kotak kecil disamping tulisan EXTRUDE (membuat ketebalan objek).
Nah jika sudah anda klik, maka nanti akan keluar jendela EXTRUDE polygon. Nah Extrusion Height anda berikan 650 mm, kemudian Extrusion typenya anda berikan yang By poligon. Setelah itu anda klik tombol OK
23. Ok langkah selanjutnya kita non aktifkan editable polynya, caranya yaitu anda klik tulisan editable poly, hingga warna tulisannya menjadi abu-abu.
24. Anda klik objeknya di bagian viewport FRONT.
25. Setelah itu anda klik tools, kemudian klik lagi mirror (membalikan objek)
Nah nanti akan muncul jendela Mirror: Screen Coordinate, pada bagian Mirror Axis anda pilih sumbu Y, dan pada bagian clone selection anda pilih No Clone, setelah OK.
26. Nah, inilah hasil meja yang telah kita buat.
Untuk selanjutnya percantik dengan material.

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Bakulan Jogja - All Rights Reserved Modifikasi Oleh RJ-Comp Jogja